UNNU Gelar Wisuda dan Dies Natalis ke 19, Idris Sudin: Pemeringkatan Universitas Kita Cukup Membanggakan

Diambil dari  MARIJANG.ID

Jumat, 27 November 2020 – 08:37 WIB

Idris Sudin,S.P.,M.Si, Rektor Universitas Nuku bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku-Maluku Utara, DR. Muhammad Bugis, M.Si dan Para Senat UNNU

Idris Sudin,S.P.,M.Si, Rektor Universitas Nuku bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku-Maluku Utara, DR. Muhammad Bugis, M.Si dan Para Senat UNNU

Marijang.idTidore — Universitas Nuku (UNNU), Kota Tidore Kepulauan pada Kamis, (26/11) menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana angkatan XIII dan Dies Natalis ke-19 Tahun Akademik 2020/2021.

Idris Sudin, S.P., M.Si, Rektor Universitas Nuku dalam kesempatan tersebut menyampaikan, jumlah wisudawan Universitas Nuku Kali ini sebanyak 110 orang, tediri dari 6 Fakultas, dengan rincian 41 Wisudawan dari Fakultas Ekonomi, 13 wisudawan dari Fakultas Hukum, 19 Wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4 Wisudawan Fakultas Kelautan, 11 Wisudawan dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan serta 22 Wisudawan dari Fakultas Teknik.

Idris Sudin menuturkan, terhadap Wisudawan dari masing-masing fakultas ditetapkan 6 (enam) lulusan terbaik, dan mereka diberikan apresiasi karena prestasi selama menempuh studi di Universitas Nuku. Selanjutnya, ditetapkan pula 1 Wisudawan lulusan terbaik tingkat Universitas atas nama Vena Mey Tria dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen.

Prosesi Wisuda UNNU

“Apresiasi lulusan terbaik itu dinilai dari aspek penilaian masing-masing individu sebagai sebuah prestasi dirinya. Mahasiswa yang berprestasi tersebut, apabila mau melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, akan dikembalikan pada yang bersangkutan, untuk beasisawa sudah ada, namun ada proses seleksinya,” jelas Idris Sudin.

Terkait Klasterisasi dan Pemeringkatan Universitas Nuku, Rektor menyampaikan kedepan akan terus digenjotkan, namun untuk saat ini Universitas Nuku masuk klaster ke 5 dan berada pada posisi 509, dari jumlah Universitas sebanyak 1.950.

“Posisi 509 itu cukup membanggakan kami, namun tak berhenti sampai di situ, berbagai upaya akan terus kami lakukan demi peningkatan kualitas dan daya saing Universitas Nuku ke depan,” ujar Idris Sudin.

Dirinya lantas menyampaikan, menjadi komitmen bersama pada tahun 2021 Universitas Nuku berupaya untuk naik pada klaster 4 Universitas di Indonesia, dengan penguatan SDM di lingkungan Universitas, dan hal-hal lain yang akan di perhatikan.

Dari sisi Indeks Pembangunan Manusia, Rektor menyampaikan, per tahun 2020 Univeritas Nuku telah memiliki sebanyak 1653 sarjana dengan sebaran ke berbagai lembaga, dengan rincian 60% berada di lembaga pemerintah, 20% di dunia swasta, 15% berada di usaha mandiri dan kolaborasi, sedangkan sisanya tidak telusuri. Setelah ini ada agenda reuni Akbar, dan kita akan menyiapkan aplikasi pelacakan alumni untuk melakukan pendataan-pendataan.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku-Maluku Utara, DR. Muhammad Bugis, M.Si menyampaikan di Indonesia terdapat 4.617 perguruan tinggi baik PTN maupun PTS. Posisi Universitas Nuku Berada pada 1.126, maka secara tidak langsung ada 3000 lebih berada di bawah Universitas Nuku.

Bagi Muhammad Bugis, kondisi Universitas Nuku itu ibarat seorang anak yang sedang tumbuh dewasa pada usia 19 tahun. Namun, Universitas Nuku hingga saat ini terus memberikan prestasi yang membanggakan. Sebagai pimpinan wilayah, maka sudah menjadi tanggung jawab untuk terus mendorong Universitas Nuku melalui peningkatan kualitas dan program-program yang akan dilaksanakan kedepan.

“Universitas Nuku berada pada kalster ke 5 kategori universitas, pada urutan 1 itu 10 universitas terbaik di Indonesia, seperti UGM ataupun UI. Keberadaan Universitas Nuku pada klaster ke 5 (lima) dan berada pada urutan 509, dari jumlah Universitas sebanyak 1950 adalah kebanggaan dan prestasi. Saya tetap akan mendorong dan berupaya agar Universitas Nuku dapat bergeser ke klaster yang lebih membanggakan,” ungkap Muhammad Bugis.

Dirinya juga mengungkapkan, kedepaan untuk meningkatkan pemeringkatan Universitas Nuku, terdapat 4 syarat yang harus di penuhi, yaitu Input, Ouput, Proses dan Outcome. Harus ada dosen yang Doktor minimal 3 orang, peningkatan akreditasi, capian sarjana, dan beberapa lainnya. Jika ini terus digenjot oleh kampus, maka saya yakin Universitas Nuku bisa berada pada posisi 900 dari saat ini di posisi 1.126.

“Perlu di catat, bahwa membawa nama besar Nuku sebagai Universitas adalah sebuah tanggung jawab. Itu sebabnya, perlu dijaga nama baik Universitas tersebut dan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Dan itu semua, butuh kerjasama dan kekompakan dari berbagai komponen di daerah ini,” tutup Muhammad Bugis.

Sementara, dalam sambutan Gubernur Provinsi Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, yang dibacakan Sekretaris Daerah, Drs. Syamsuddin Abdul Kadir, Gubernur menyampaikan selamat dan sukses kepada segenap jajaran Akademika Universitas Nuku yang telah menggelar pelaksanaan Wisuda Sarjana angkatan XIII dan Dies Natalis ke-19 Tahun Akademik 2020/2021.

“Semoga semangat dalam memajukan dunia pendidikan tinggi di Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan ini dapat menelurkan sumber daya manusia yang berkualitas, unggul dan trampil sehingga mampu bersaing di tengah-tengah kompetisi dunia kerja dan dunia usaha yang semakin kompleks,” terang Gubernur dalam sambutannya.

Dalam Sambuatannya, Gurbernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah provinsi Maluku Utara akan terus berupaya memaksimalkan berbagi hal yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan termasuk Perguruan Tinggi di daerah ini yang sama-sama kita cintai dan banggakan.

Gubernur mengajak kepada Pimpinan Universitas untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovatif seiring dengan otonomi yang dimiliki oleh Pendidikan Tinggi, agar dapat terus eksis dan mampu mewujudkan visi dan misi ke depan dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas di tengah-tengah masyarakat. (Red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *